Kita dan alam
Saturday, April 26, 2008 | Author: hidden_fareha

Bilamana jejak-jejak langkah kami, mengharungi dan meredah hujan tadi... lantas ku teringat ttg sumber kekuatan kite, sebagai da'ie yg meneruskan risalah ini....

Kefitrahan. Dinul Islam itulah modal besar, karena sesuai dengan fitrah manusia, tidak berbenturan dengan kultur manusia, binatang, dan ekosistem. Bahkan, Allah menegaskan bahwa semua makhluk itu adalah junud (tentara) Allah. Artinya, kita harus yakin bahwa pergerakan yang bertentangan dengan fitrah manusia adalah bertentangan dengan kehendak Allah, karena semuanya bergerak dalam nuansa dan irama yang sama. Semuanya bertasbih kepada Allah. Jika perjuangan Islam kompak dengan perjuangan alam (universe), maka perjuangan itu akan berhasil. Pohon dan tetumbuhan, binatang, cuaca, gejala alam semuanya menjadi teman-teman perjuangan kita.

Berjuang tanpa fitrah alam akan gagal, karena hukum itu bersifat baku dan tetap sepanjang zaman. Ini adalah modal yang sangat besar, walaupun kita tidak merasakannya. Padahal, bantuan Allah lewat alam (nature) itu sangat banyak. Misalnya, bekerja dalam hujan, tetapi tidak masuk angin, malah hujan itu menjadi penyegar. Bahkan, semuanya itu untuk mengokohkan, jika kita berstatus juga sebagai Jundullah. Caranya, sesuaikanlah sifat kita dengan jundiyahjundiyah angin, binatang, pohon, dan lain-lain.

Rasulullah sering dibantu oleh para jundi alam ini: tumbuhan, binatang, cuaca, dan sebagainya. Bahkan, karamah para sahabat dalam perang Qadisiyah, ketika mereka menyeberang sungai sambil berkata: “Wahai air, kita sama-sama jundullah, bantulah kami karena sedang melaksanakan tugas”. Akhirnya, air yang dalam dan deras itu menjadi dangkal dan tenang untuk dilewati.

Sumber: Peranan pemuda dalam gerakan da'wah: www.dakwah.info


Hujan sudah berhenti tatkala kami pulang dari rumah akhawat itu...

Soalan lewat pulang dari ziarah:

"Kenapa rasa macam sikit je orang, tadi mase pergi rasa macam ramai.."

Jawapan dari sahabatku, yang ku kasihi kerana Allah

"Tadi kite bersama2 hujan. Sebab tu rasa ramai"

Sekiranya hati ini mampu ditunjukkan kepada mereka..pasti sinarnya menerangi semua. Syukur pada Mu, ya Allah.. atas kefahaman yang Engkau beri kepada kami. Syukur kepada Mu ya Allah, kerana memilih kami menjadi jundi-jundi untuk menegakkan agamaMu...

Dan kite akan terus bersama-sama alam.

Ya, Allah... Engkau eratkanlah hati-hati kami...


|
This entry was posted on Saturday, April 26, 2008 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: